Powered By Blogger

Minggu, 17 Agustus 2014

Tips Buat Calon Mahasiswa Baru



Tips Buat Calon Mahasiswa Baru

Kembali lagi saya Mikha Khannaniel Pranowo hadir menulis lagi dalam blog saya sendiri hehehe, dan kali ini saya iseng-iseng pingin menuliskan beberapa tips jitu yang bisa di gunakan untuk para calon mahasiswa (yang belum jadi mahasiswa dan nantinya pingin jadi mahasiswa nantinya.)

Tips nya adalah :

1Kalau kamu sudah mendapatkan status sebagai mahasiswa segeralah cari info kos-kosan dengan harga yang terjangkau (kalau di semarang harga mulai dari 350-500rb) dan min fasilitas yang kamu bisa dapatkan ialah (Kasur, lemari, dan sebuah meja, di luar itu biasanya ada yang bayar ada yang jadi satu contohnya pemakaian listrik) jadi tanya dulu kalau bawa barang elektronik lain bayar lagi atau jadi satu.
2  
   Hitung bugdet kamu selama sebulan, misal kamu di beri uang saku tiap bulan 300-500rb (ada yang lebih ya sykukur deh :D ) kamu bisa makan di tempat-tempat berikut :

a.       Warteg
Di sini kamu bisa mendapatkan harga makan murah meriah dan jujur aja walaupun aku ini tinggal di rumah nenek tapi jarak ke kampus itu udah lebih dari 3 km sendiri, dan kalau laper warteg adalah andalan anak-anak kuliah, tapi carilah warteg yang memang murah dan rasanya enak (ada lho warteg yang hanya sekadar masak-masakan aja, rasanya tetap hambar :p .)

b.      Warung makan Padang
Ini juga adalah second choice, tapi harga yang di tawarkan memang sedikit berbeda dengan kamu makan di warteg, namun seperti kata pepatah “ada harga, ada rupa” makanan di warung makan padang itu jujur rasanya “TOP BGT !” apa lagi rendang dan bumbunya amboi sadaap ! Dan minimal untuk nasi, lauk+es teh harganya berkisar antara 10-15rb rupiah, namanya juga kualitas terjamin, kecuali kamu cari kuantitas aja :p.

c.       Warung burjo
Burjo adalah singkatan dari “bubur kacang ijo” dan di warung inilah para mahasiswa yang tanggal tua belum dapat transferan biasanya menggantungkan nasib mereka (aku juga pecinta makanan produk asli Indonesia yang satu ini lho !) selain harganya yang pas di kantong, burjo ini juga cukup untuk mengenyangkan dan bergizi untuk menggantikan nasi dalam beberapa jam sampai waktu makan siang. Selain burjo kamu bisa makan mie instant dan ngopi di sini.

d.      Warung kucingan
Kalau warung yang satu ini sudah pasti dah bisa di jadikan senjata terakhir terutama pada malam hari (sebenarnya warteg atau warung makan padang ada yang 24 jam, cuma rasanya kurang afdol kalau malam hari tanpa makan di warung kucingan, hehehe) harganya jelas harga rakyat #JelataIngusan (macam aku yang nulis ini :p ) hehehe, maksudnya harganya itu bener-bener cocok lah buat kamu yang mau irit.

NB : hitung juga kamu sehari makan berapa kali, per makan kamu itung berapa per porsi kamu makan, biar uangnya bisa cukup, syukur bisa di tabung buat keperluan mendadak J

3.   Kalau kamu suka jajan dan hang out bersama kawan-kawan (bagi yang punya, kalau mahasiswa ingusan dan jelata kaya aku gini, ya... entah ada atau gak :p) atau yang punya pacar (eciiieeee :p) ada dua tipe tempat yang bisa kamu ambil sesuai bugdet :

a.      Restoran /Cafe
Kalau tempat ini sejujurnya memanglah tempat yang bisa di katakan mewah dan pastinya romantis (rokok, makan, gratis :p) eh.. eh... eh... kata siapa :p ? Dan makanan yang di sajikan tentu saja harganya cukup menguras kantong (ingat pepatah ada harga,ada rupa :D ) tapi soal rasa ya kualitas dunia dong.

b.      Warung Kopi
Weits kalau di kira warung kopi itu adalah lapak sempit yang ada selalu di pinggir jalan, kamu keliru (aku contoh yang menganggap itu begitu soalnya -_- ) sekarang banyak warung kopi yang berjualan juga di kios-kios bertembok atau juga lesehan yang mirip kaya tempat pemancingan ikan (kalau di sini mancing cewek boleh lah :p) soal harga, di jamin bisa di katakan lebih murah dari pada restoran. Dan rasanya yah gak jauh beda lah :p (kaya aku yang tiap ke warkop cuma pesen es teh sambil ngewifi :p .)

4.      Kalau bisa bergabunglah dengan suatu komunitas tertentu yang bisa ngebuat kamu menjadi lebih mudah di kenal dan mengenal banyak relasi-relasi baru (karena ketika kamu nanti butuh bantuan mereka bisa ada dan membantu kamu, so sweet kan ? Tapi ada yang gak gitu juga sih -_-)

Dan buat kamu yang tipe penyendiri (macam aku gini :p) kamu bisa juga menyalurkan hobimu lewat misal tulisan (macam punyaku gini, eh jelek-jelek gini ada gunanya lho di baca :p)

5.      Biasakan kalau misal punya recehan, masukanlah kedalam toples atau tempat yang bisa untuk menyimpan uang recehan (jujur ini berguna banget apa lagi kalau nanti kamu harus ngeprint, foto copy, dsb) manfaatkan uang recehan ini. (kalau kelebihan ya bisa di sumbangkan untuk anak yang kurang mampu :D eh bisa aja lho !


6.      Bagi kamu yang malas untuk nyuci sendiri dan malas untuk njemur-njemur sendiri sekarang udah banyak laundri kiloan beredar dengan hastag BMW = Bersih Wangi Murah :p Cuma 3rb-5rb per kilo meter eeh maksud aku kilogram :p
Jadi kuku kamu yang habis meni pedi kyur bisa tetep terjaga ke seksiannya (saking seksinya bisa-bisa jadi seksi konsumsi :p )



Oke mungkin dari aku segitu dulu yah :D kalau banyak salah mohon di maafkan :D
Adios, amigo :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar