Powered By Blogger

Minggu, 10 Agustus 2014

Self Hypnosis



Self Hypnosis


Dan saya kali ini menuliskan sebuah hal yang sudah pasti biasa di temukan di dalam materi pelatihan hypnosi, yaitu “Self Hypnosis.”
Kalau di katakan ini adalah materi yang membosankan, maka anda sebaiknya cuci kaki, cuci muka lalu pergi ke tempat tidur saja untuk melanjutkan hal yang menyenangkan dalam mimpi.
Materi ini sebenarnya dalam buku “Seni Hipnoterapi” (judul asli “The art of Hypnotherapy”) karya Roy Hunter sangat di tekankan untuk di jelaskan kepada klien agar mereka mengerti bahwa semua terapi hypnosis bersifat “hypnosis diri yang terpandu.”
Alasan saya mengulas materi yang sangat mendasar ini ialah, agar anda yang benar-benar mempelajari hypnosis (apapun latar belakang anda) boleh mengerti benar filosofi hypnosis (di sini yang saya tekankan hypnosis barat)

Dan penggunaan hypnosis diri juga banyak manfaatnya beberapa di antaranya adalah :
1.      Mengurangi emosi negatif yang muncul (bisa dengan mengaktifkan anchor yang sudah di tanamkan)
2.      Memanajemen stress berlebih
3.      Membantu anda mencapai keadaan tertentu (untuk mengakses teman imajiner, mengakses keadaan untuk lebih khusuk berdoa, dan mengakses keadaan tertentu agar meningkatkan kekebalan tubuh)
4.      Menanamkan sugesti untuk meningkatkan kepercayaan diri, memberikan motivasi diri, dan masih banyak lagi sugesti yang bisa di tanamkan

Nah saya harap anda sudah memahami hipnosis diri itu seperti apa, dan nanti di akhir tulisan  saya ingin menuliskan skrip yang bisa di jadikan sebagai contoh kecil yang nanti bisa di rubah sesuai keinginan seindiri dan sesuai kebutuhan.

Sebelum kita menuju ke skrip hypnosis diri, ada hal yang harus anda ketahui sebagai seorang yang belajar hypnosis yaitu “sebelum melakukan hypnosis ke orang lain, anda harus merasakan sendiri seperti apa rasanya hypnosis.
Dan juga ada satu hal yang harus di ketahui, ada tiga tipe manusia dalam menerima proses hypnosis, yaitu Mudah,Sulit, dan Moderat (antara sulit juga mudah)

Yang saya tuliskan di sini adalah skrip hypnosis diri secara umum, jika skrip ini dirasa belum memenuhi kepuasan anda, bisa cari di google atau mintalah bantuan praktisi lain untuk membuatkan “anchor” (tombol pemicu emosi tertentu).

Bagian Awal :

Posisikan diri anda senyaman mungkin (baik duduk atau berbaring) terserah anda dan mainkan skrip ini untuk diri anda

(Pejamkan mata) dan dalam hati katakan “setiap aku menarik nafas, aku niatkan untuk membuat diriku semakin nyaman dan menikmati keadaan ini... dan hal itu berlaku juga saat aku membuang napas bersama dengan semua energi negatif yang ada di dalam diriku...
(Nikmati keadaanya dan rasakan bahwa tubuh anda semakin nyaman dan semakin memasuki kondisi seperti orang yang hendak tertidur namun tetap bisa merasakan keadaan sekitar)
Mitos : seseorang yang berada di dalam kondisi hypnosis, berada di dalam kondisi sulit merasakan dan mendengarkan sekitarnya
Fakta : justru dalam keadaan hypnosis, seseorang tetap dapat merasakan dan mendengarkan apapun di sekitarnya. Hanya saja keadaanya seperti orang yang hilang kesadarannya

Bagian Pertengahan :
Setelah anda merasakan keadaan yang nyaman, tenang, penuh kedamaian, di bagian ini anda bisa memberikan “afirmasi” (formula sugesti yang di ulang-ulang agar meresap dan tertanam di bawah sadar anda)
Contoh :

“saya mengijinkan diri saya untuk menerima diri saya apa adanya, dan saya mengijinkan bawah sadar saya untuk menerima perubahan pada diri saya...”
“saya mengijinkan diri saya untuk boleh lebih mendengarkan apa yang orang lain katakan pada saya, sebagai pembelajaran diri saya...”
“saya menerima bahwa bawah sadar saya sekarang di penuhi oleh kedamaian setiap saya menarik napas saya (dalam tiga hitungan) dan membuangnya lewat mulut.. dsb...” (Contoh pembuatan anchor)

Dan akhiri dengan penyelesaian, misalnya :
Saya niatkan diri saya terbangun dalam keadaan segar dan lebih damai... dan saya ikhlaskan dan pasrahkan apapun yang sudah saya terima sebagai pembelajaran bagi diri dan boleh menjadi perubahan yang baik untuk diri saya kedepan... dan hitungan sepuluh ke satu saya niatkan diri saya untuk terbangun dalam keadaan yang tadi sudah saya niatkan... (lanjutkan menghitung tanpa terburu-buru dan sesuaikan dengan keinginan)


Catatan :
1.      Hitungan untuk membangunkan sebaiknya di lakukan dari angka kecil ke besar (seperti gambaran memulihkan kekuatan)
2.      Skrip ini sebagaimana sudah saya katakan adalah contoh yang universal
3.      Untuk tipe yang mudah mengakses kondisi hypnosis, biasanya induksi dan deepening sudah tergabung menjadi satu. Sedang untuk yang sulit atau moderat jika kurang puas dapat meminta bantuan operator hypnotist

Demikian tulisan dari saya, pastilah banyak kekurangan dalam tulisan saya ini, jadi mohon di maafkan dan trimakasih telah membaca tulisan saya ini, sayounara mina san...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar