Powered By Blogger

Minggu, 10 Agustus 2014

Hypnowlegde



Hypnowlegde


Kembali lagi, lagi saya kembali untuk menyuarakan suara kaum minoritas dari suara-suara yang hanya bisa mengaum dari sisi-sisi yang sempit dan belum meluaskan sayap-sayapnya ke arah yang lebih lebar lagi untuk menyerukan sebuah kelimuan yang sudah pasti bisa di katakan berguna dan boleh menjadi sebuah kelimuan yang membantu menjadi penopang bagi keilmuan lainya juga (Waduh-waduh kayanya pidato saya kepanjangan ya ? Hahaha :D

Well selamat berjumpa kembali bersama saya Mikha Khannaniel Pranowo A.K.A Mikha Houdini. Dan kali ini dengan judul “Hypnowledge” saya ingin menuliskan sedikit pengetahuan hypnosis yang saya miliki untuk boleh saya bagikan ke para reader semua :D, are you ready guys ?

Bicara soal sejarah kemarin sudah saya singgung sedikit di artikel pertama yang mungkin sedikit kacau dan sangat membingungkan untuk di baca karena penggunaan bahasa yang mungkin masih belepotan (dan mungkin sekarang kalian masih menyadari di artikel ini pun juga masih begitu -_- ). Tapi biar lebih jelas saya singgung lagi sedikit ya.
Menurut ebook dari master hypnosis Mr. Indra Majid yang berjudul “Pemahaman Dasar Hypnosis” di katakan bahwa Hypnosis sendiri sudah ada saat jaman mesir Kuno tahun 1552 SM, di situ di katakan bahwa ada sebuah kuil bernama “Kuil Tidur” yang mana para tabib mengobati pasiennya. Hingga beberapa tokoh bangsawan seperti Charles X, dkk ternyata pernah melakukan pengobatan yang intinya memberikan sugesti juga pada para pasiennya.

Sekitar tahun 1500 Parcelus memperkenalkan istilah Magnetism (mengobati dengan alat bantu magnet) yang kemudian dr Franz Anton Mezmer dari Austria mengadopsinya dan lahirlah “Mesmerism.” Mesmerism sendiri juga di pengaruhi oleh cara pengobatan seorang Pendeta Katholik bernama Gassner dari Swiss, dimana cara pengobatannya ialah para pasien di berikan ceramah dahulu oleh salah satu assisten Gassner.
Yang mana isi dari salah satu ceramah itu ialah ketika nanti ia menyentuhkan tongkat salibnya maka pasien kan jatuh tersungkur dan dianggap mati, ketika bangun roh jahat sudah keluar dari tubuhnya dan ia di anggap suci (lahir kembali).

Berbeda dengan Mesmer yang berpendapat bahwa di dalam tubuh manusia terdapat cairan universal dimana cairan itu berfungsi untuk menjaga kesemibangan tubuh, ketika aliran itu tersumbat maka di butuhkan magnet untuk melepas sumbatan itu (inilah yang di namakannya Animal Magnetism)

Ternyata apa yang di lakukan Mesmer di ikuti oleh banyak dokter dan banyak manfaat yang mereka dapatkan ketika menggunakan mesmerism, salah satunya ialah melakukan operasi tanpa rasa sakit (menggunakan efek penghilang rasa sakit secara mental (anaesthesia mental) )
Banyak pertentangan dan perdebatan dalam praktek mesmerism, sampai akhirnya dr James Braid meneliti apa itu mesmerism sebenarnya, dan dalam penelitiannya ia menemukan sebuah fenomena yang dinamakan fiksasi (fokus pada satu hal/titik tertentu). Dimana fiksasi ini menimbulkan kelelahan pada mata dan menyebabkan suatu fenomena kenikmatan tertentu yang di sebut dengan trance.

Trance sendiri ialah suatu kejadian atau fenomena suatu perasaan dimana seseorang merasa terhanyut dalam suatu perasaan tertentu (secara mudahnya bisa di bilang begitu :p )

Trance selalu di rasakan seseorang di manapun juga bahkan setiap hari seseorang selalu berhubungan dengan trance, contoh :
Saat menonton TV dan kita menangis, tertawa, marah, kecewa, dsb
Saat membaca Novel dan kita seakan merasa kita ada di dalamnya
Dan berbagai macam hal lainnya yang bisa di temukan sebagai fenomena trance.
(untuk lebih jelasnya bisa download ebook dari Mr. Indra Majid “Pemahaman Dasar Hypnosis” atau ebook sahabatnya Mr. Saiful Anam “A to M (Awam to Mahir)” semuanya itu gratis !!! (cek saja di Mbah Google)

Dalam hypnosis sendiri ada yang di sebut sebagai sugesti, so apa itu sugesti ?

Sugesti dalam bahasa inggris “Sugestion” berarti “Saran.” Mudahnya ialah sugesti itu adalah saran-saran atau nilai-nilai tertentu yang bisa saja di tanamkan ke dalam pikiran manusia selama itu masih dalam batas nilai-nilai yang baik dan bisa di terima oleh si penerima.

Jadi kalau misalnya, saya menghypnosis anda dan meminta anda menari tanpa busana di depan umum anda menolaknya, maka anda sudah hampir mengerti apa yang saya maksud “yang bisa di terima oleh penerimanya.”

Penjelasan hypnosis sebenarnya secara teori sangat kompleks sekali dan membutuhkan waktu yang cukup lama (bisa bertahun-tahun untuk belajar tentang istilah dan teori hypnosis yang benar-benar detail). Maka lewat tulisan yang singkat ini saya harapkan para pembaca sendiri aktif untuk mencari ebook dan artikel lain sebagai bahan referensi untuk belajar hypnosis J

Untuk wilayah kota semarang dan purworejo yang ingin privat hypnosis bersama “Houdini Hypnotist School” bisa menghubungi saya lewat 08995409679 atau FB : Mikha Khannaniel
Untuk konsultasi seputar kekurang pahaman istilah yang anda baca lewat ebook, jika saya bisa menjawabnya pasti saya jawab lewat inbox FB J
Maaf untuk kekurangannya, dan sampai jumpa dalam artikel berikutnya :D

NB : untuk artikel berikutnya mungkin saya ingin membahas tentang Conscious dan Subconscious

Tidak ada komentar:

Posting Komentar