Powered By Blogger

Minggu, 10 Agustus 2014

Leading or Guiding



Leading or Guiding



Salam kasih semesta untuk kita semua, kembali lagi saya hadir untuk menemani kalian semua di dalam tulisan tentang hypnosis.
Dan akhirnya satu artikel lagi dengan judul “Leading or Guiding” ini boleh saya tulis sesederhana mungkin dan seringkas mungkin, agar para pembaca boleh paham apa yang saya tulis ini.
Dan mari kita langsung pada pembahasan utama.

Leading = memberikan arahan untuk di ikuti, guiding = memberikan arahan untuk di ikuti lalu bedanya di mana ?

Sebenarnya sederhana saja yang membedakan leading dan guiding itu,
bedanya adalah ketika leading itu orang justu merasa bahwa dirinya sedang di berikan saran yang harus di lakukan oleh seseorang yang memberikan saran/perintah.
Sedangkan guiding adalag ketika seseorang di beri arahan dan seseorang tersebut memberikan penjelasan apa yang harus di lakukan dan mencontohkan bagaimana cara dan prosesnya berjalan.

Saya termasuk pembelajar hypnotherapy sampai detik ini dan proses guiding ini pun kadang masih saya kurangi justru malah lebih melakukan leading yang harusnya di berikan sedikit saja sebagai saran atau penutup sesi terapi.
Seorang hypnotist atau hypnotherapy harus bisa melakukan guiding kepada kliennya lebih banyak dari pada melakukan leading yang lebih banyak kepada kliennya.
Ketika seorang hypnotist lebih banyak melakukan leading terhadap kliennya, meskipun itu pada saat sesi terapi berjalan maka resiko klien menolak mungkin lebih banyak terjadi ketimbang klien yang merasan di guiding oleh hypnotist.
Dan bukannya leading itu harus di hindari, ada saatnya dimana kita harus me leading seseorang dan ada kalanya kita harus melakukan guiding pada seseorang :

Contoh :
Oke mas/mbak saya boleh minta tolong kepada anda ? (leading) bisakah nanti anda meluruskan tangan anda seperti ini ? (guiding) dan ketika tangan anda sudah lurus seperti ini, coba boleh lengannya untuk di keraskan seperti ini (guiding)

Mungkin contoh kalimat tersebut masih belum jelas menurut para pembaca ya, namun pada intinya seperti penjelasan sebelumnya, ketika me leading, seseorang yang di leading (di arahkan) hanya di beri perintah untuk harus di ikuti saja, ketika mengguiding (memberi contoh) maka orang tersebut nantinya di beri penjelasan harus melakukan apa dan harus bagaimana J

Sekian dari saya, kekurangan mohon di maafkan ya J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar