Powered By Blogger

Rabu, 13 Agustus 2014

Tertawa adalah bahasa terapi paling Universal




Tertawa adalah bahasa terapi paling Universal



Pembahasan kali ini dalam tulisan saya ingin membahas tentang kekuatan tertawa dalam penggunaannya sebagai alat terapi penyembuhan, tentu saja dalam tulisan kali ini pun tetap mengandung unsur-unsur opini saya (maklum kan tulisan saya sendiri :p hahaha).
Ada sebuah buku yang menarik perhatian saya, buku itu berjudul “Tertawa Untuk Kesehatan” yang di tulis oleh “Maulana Asy’ari.” Dalam buku itu di jelaskan perihal-perihal tentang manfaat tertawa, apa ketuntungan tertawa ketimbang emosi-emosi negatif lainnya, dan beberapa hal yang luar biasa yang di bawa ke dalam tubuh ketika kita tertawa.
Dalam cover bukunya juga di tuliskan bahwa tertawa adalah “Obat murah dan mujarab,” dan dapat di gunakan sebagai :

-. Terapi anti stress.
-. Alat bantu untuk memperpanjang usia.
-. Alat bantu untuk memberikan kekebalan tubuh.

Luar biasa bukan ? Namun realitanya bagaimanapun kita pasti kesulitan untuk membuat seseorang bisa tertawa dan melepas rasa stress yang ia derita mana kala semisal ia baru saja di PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) apa lagi hal itu di lakukan secara sepihak dan tanpa di beri uang pesangon.
Padahal di kala kita stress, sakit, dan mengalami perasaan-perasaan negatif di dalam diri dan bingung ingin melakukan hal apa ya ? Tertawa adalah salah satu cara termudah untuk di lakukan dan bisa mengusir ketegangan juga meminimalisir perasaan stress itu lebih baik dari pada kita hanya diam dan merenungi nasib.
Banyak cara untuk membuat anda bisa tertawa, misal dengan sengaja menonton tontonan yang lucu di televisi. Atau juga bisa dengan menonton langsung di tempat-tempat tertentu, dan tontonan-tontonan itu juga bisa di sesuaikan dengan selera anda, mau yang grup ? Atau yang stand up ?
Awalnya mungin bagi sebagian orang hal itu di anggap sebagai kesulitan tersendiri, namun seperti kata pepatah mengatakan “Ala bisa karena terbiasa” jadi kalau di biasakan nanti lama-lama tahu dan terbiasa untuk bisa meminimalisir stress dengan tertawa (bagaimanapun cara dan wujudnya, yang penting tertawa dulu).
Karena fakta penting soal tertawa yang harus kita semua tahu adalah :

1.      Tertawa baik sengaja maupun tanpa sengaja itu ternyata efeknya sama :D.

2.      Tertawa selama 15 menit/hari, dapat membuat kesegaran selama sehari penuh.

3.      Tertawa menghasilkan zat sejenis narkoba namun alami bernama endorphine dan serotonin.

4.      Tertawa dapat membantu menangani penyakit AIDS dan Kanker sekalipun.

5.      Tertawa dalam jangka waktu 10 menit dapat mengurangi penggunaan obat untuk tekanan darah tinggi sampai 3 butir sehari (maksudnya dalam jangka bertahap, dari tiga berkurang ke dua kali sampai terbebas sama sekali)

Dan masih banyak manfaat tertawa untuk kesehatan lainnya, maka saya hanya sedikit menghimbau untuk terapis jenis apapun, boleh lah menyisipkan sesi tertawa dalam setiap terapinya entah dengan basa-basi, entah menonton video lucu, atau apapun yang sekiranya dapat membantu mempercepat kondisi penyembuhan pasien atau klien yang di tangani lebih cepat dari yang sebelumnya.

Sekian tulisan dari saya, dan sampai jumpa di tulisan berikutnya :D


Sumber :
Asy’ari, Maulana. 2005. Tertawa untuk kesehatan. Jogjakarta : Bintang Cemerlang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar