Powered By Blogger

Sabtu, 09 Februari 2013

Conscious & Subconscious


Conscious & Subconscious

“Conscious” adalah pikiran sadar manusia,sedang “Subconscious” adalah pikiran bawah sadar manusia lalu apa yang terdapat di dalam Conscious dan Subconscious manusia ? Pada pikiran sadar manusia terdapat suatu tempat yang di sebut area kritik (Crictical Area) di mana informasi di proses dan di cerna sedemikian cepat dan di lihat dampaknya bagi manusia,jika sesuai dengan diri manusia tersebut maka informasi tersebut dapat di jadikan pedoman,sebaliknya jika bertentangan dengan diri seseorang maka hal itu akan di tolak oleh pikiran sadar.pada subconscious tidak terdapat area kritik,sifatnya begitu netral dan sugestif (mudah di pengaruhi) di sinilah tersimpan system kepercayaan terhadap sesuatu,gambaran diri sendiri dan apapun yang masuk dalam alam bawah sadar sifatnya adalah “permanent”.Berhati-hatilah dengan Informasi yang anda dapat atau apa yang anda ucapkan pada diri anda sendiri,karena jika sudah masuk dalam pikiran bawah sadar dapat menjadi nilai permanent dan menjadi gambaran diri anda.Dan di antara kedua pikiran tersebut ada “pintu gerbang” yang menjaga informasi yang masuk sehingga tidak dapat masuk dengan mudah ke dalam pikiran bawah sadar manusia yang di sebut “RAS” (Reticular Activating System).

Dalam hal ini tentunya anda sudah dapat menentukan pentingkah mempelajari pikiran sadar dan bawah sadar manusia,karena hal ini sangat berperan penting dalam anda mempelajari ilmu hypnosis itu sendiri,dan di sini subconsciouslah yang bermain aktif dalam proses hypnosis.
Jika hanya subconscious yang berperan aktif dalam proses hypnosis,apakah conscious manusia tidak penting ? Tentu saja tidak,seperti yang sudah saya katakan bahwa : conscious mempunyai area kritik yang menampung semua informasi untuk di lihat tujuannya dan menolak ketika tidak sesuai dengan tujuan seseorang.
Lalu bagaimana seseorang dapat menuruti perintah dari seorang Hypnotist ? padahal perintah itu seperti yang tadi di katakan : “jika tidak sesuai maka akan di tolak oleh orang tersebut” dan padahal sebelum masuk ke pikiran bawah sadar di halangi juga oleh RAS.Nah di sinilah mengapa Hypnosis bisa di bilang sebagai “seni mempengaruhi pikiran seseorang”.
Lalu bagaimana informasi yang seperti itu dengan mudah dapat masuk kedalam pikiran bawah sadar manusia ? sedangkan juga ada pintu yang menjaga pikiran bawah sadar manusia ?
Ada dua cara untuk memasukan informasi yang di ucapkan oleh seorang hypnotist terhadap subject dengan cara “mendobrak pintu gerbang tersebut secara paksa” atau “masuk secara menyelinap”.tehnik yang pertama biasa di sebut “Authoritarian” (bersifat memaksa dan memerintah) biasa di gunakan untuk subject yang sugestif dan menganggap subject ada di bawah perintah,yang kedua di sebut “Permissive” (bersifat mengajak) biasa di gunakan pada sesi hypnotherapy yang menganggap subject sama tingkatannya dengan hypnotherapist.

Lalu mana yang lebih banyak berperan terutama dalam kehidupan manusia ? Pikiran yang lebih berperan tentunya pikiran bawah sadar manusia sebanyak 88% sisanya di tempati pikiran sadar sebanyak 12%.Namun pada kenyataannya pikiran sadar manusia lebih banyak berperan dari pada pikiran bawah sadar manusia yang jumlahnya lebih besar dan lebih berpengaruh dalam kehidupan manusia.Maka tidak heran jika seorang Hypnotist seperti Master Romy Rafael,selalu memberi sugesti yang baik setelah “meminjam” diri seseorang untuk di jadikan subjectnya agar sang subject memiliki nilai baru dan permanent yang tentunya positif.

Demikian catatan saya kali ini,semoga catatan ini memberikan secuil manfaat bagi anda.

Salam Trance…

Mikha Khannaniel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar