Powered By Blogger

Sabtu, 09 Februari 2013

Building Rapport & Anchoring


Building Rapport & Anchoring

“Rapport” ??? Apa itu ??? Apa itu hasil dari belajar kita selama 1 tahun ??? Kenapa harus di bangun ??? Hahaha… maksud dari rapport di sini bukan “buku yang menuliskan hasil belajar selama 1 tahun” melainkan adalah hubungan komunikasi yang terjadi antara kita dengan seseorang untuk mendapatkan kepercayaan dari orang tersebut.

Lantas pentingkah rapport itu ??? tentu saja rapport sangat penting,dalam mempelajari hypnosis,rapport adalah nomor 1 sebelum kita memulai test sugesti,induksi,sugesti dan terminasi.Rapport sangatlah penting,jika rapport yang terjalin antara hypnotist (orang yang memandu ilmu hypnosis) dengan klien (subject hypnotist) tidak berjalan dengan baik.maka yang terjadi adalah timbulnya resistensi (penolakan) terhadap sugesti yang di berikan,sehingga besar kemungkinannya untuk terjadi kegagalan dalam proses selanjutnya.

Dalam hypnotherapy,rapport sangat berguna untuk mengetahui permasalahan pasien dan nantinya dari situ dapat di ketahui tehnik apa yang cocok digunakan untuk mengobati pasien,namun rapport pada comedy hypnosis (stage hypnosis) dan hypnotherapy sangat jauh berbeda namun intinya terap menjalin hubungan dengan subject atau pasien.dalam comedy hypnosis rapport di jalin dengan menceritakan sebuah permasalahan misalnya : “di dunia ini banyak sekali orang yang setiap harinya mengalami lupa akan sesuatu.Lupa benda kesayangannya ada di mana,lupa akan arti istilah yang mereka pernah baca,lupa tentang hal-hal yang mereka ingat selama ini.Dan sekarang saya dapat membuktikan kepada anda bahwa sebenarnya manusia juga dapat melupakan hal-hal yang kecil yang ada pada dirinya sendiri, seperti namanya,nama anaknya,nama temannya,nama istrinya dan sebagainya” itu salah 1 dari jutaan bahkan triliyunan contoh rapport dalam comedy hypnosis.Pada hypnotherapy lebih menggunakan pendekatan psikologi dan menganggap derajat pasien sama dengan hypnotherapist (ahli hypnotherapy) sehingga rapport yang di jalin seperti curahan hati sahabat terhadap sahabatnya.

Lalu bagaimana cara membuat rapport yang baik dan benar ? apakah sulit ? tidak sulit dan sangat sederhana.seperti dalam magic terutama aliran mentalism pasti banyak mentalist yang menyiapkan cerita untuk routine seperti Russian roullete misalnya,mereka dapat menceritakan tentang apa itu Russian roullete,bagaimana permainan itu berlangsung dan apa maknanya bagi kehidupan kita.sama seperti itu,kita mencari cerita yang dapat kita gunakan untuk routine hypnosis seperti misal : “Kemampuan alam bawah sadar manusia sangat besar,sehingga tanpa sadar kita manusia sering melupakan kemampuan kita yang sebenarnya sangat luar biasa ini,saya akan membuktikan bahwa kemampuan alam bawah sadar manusia lebih hebat dari apa yang kita pikirkan sebelumnya”.lalu anda dapat mengakhiri dengan kalimat misalnya : anda sudah melihat sendiri buktinya bahwa alam bawah sadar manusia lebih hebat dari apa yang kita bayangkan selama ini,jadi pergunakan sebaik mungkin dan jadilah manusia yang luar biasa,sekian dari saya,trimakasih.

Itulah contoh dari rapport yang tentunya anda dapat buat sendiri sesuai dengan kreasi dan bahasa anda sendiri dan ingat selalu untuk menghormati subject dan berikan kenyamanan agar terjalin exelence rapport.

Sekarang kita membahas tentang “anchoring” apa sebenarnya anchoring itu ? Dan apa fungsinnya ? Mari kita bahas satu per satu.

Anchoring sendiri berasal dari kata Anchor yang artinya jangkar,anchor sendiri berarti : “Simbol-simbol yang dapat memicu reaksi/efek tertentu,dalam lingkup Visual (sesuatu yang terlihat) audiotory (sesuatu yang terdengar) dan kinesthetic (sesuatu yang terasa)” simbol-simbol ini dapat terbentuk dengan sendirinya maupun di bentuk melalui proses pikiran sadar (conscious) maupun pikiran bawah sadar (sub conscious) misalnya : “nanti ketika anda membuka mata anda percaya bahwa anda adalah seorang ahli hypnosis,sehingga siapapun dapat anda pengaruhi dengan mudah,namun saat anda mengucapkan kata tidur.Efek yang di timbulkan adalah anda kembali memasuki kondisi tertidur sama seperti yang anda rasakan sekarang”.Kata yang saya garis bawah merupakan salah 1 dari banyak contoh anchoring dalam proses hypnosis,dalam kasus ini anda melihat anchor dalam comedy hypnosis.

Lalu apa fungsi anchor dalam kehidupan kita ? banyak sekali fungsinya dan manfaat yang di dapatkan dari anchor ini,contohnya saat melakukan self hypnosis (hypnosis diri sendiri) anda dapat menanamkan anchor : “nanti ketika saya menarik nafas panjang dan membuangnya lewat mulut secara perlahan,saya niatkan diri saya untuk menjadi 2 kali lebih rilex dari sebelumnya” atau “ketika saya menyatukan kedua ibu jari saya  maka itu tanda bagi saya untuk menjadi lebih fokus dan dapat belajar dengan baik” dan masih banyak contoh lainnya yang anda dapat buat sendiri dengan simbol-simbol unik lainya seperti menjentikan jari,melipat jari,menyentuh dahi dan sebagainya.


Semoga catatan ini bermanfaat dan memberikan faedah bagi anda tentang pengetahuan dalam mempelajari hypnosis,jika terdapat kesalahan kata atau masih kurang di pahami bisa menghubungi saya di FB : Mikha Khannaniel atau dapat mengikuti pelatihan hypnosis di kota anda,Salam Trance dan sampai jumpa pada catatan berikutnya

1 komentar:

  1. salam dari kami PONDOK MOTIVASI HIPNOTERAPI JOMBANG. Semoga sukses dan barakah

    BalasHapus