Powered By Blogger

Selasa, 18 Juni 2013

Belajar Bahasa Inggris secara otodidak,mudah dan menyenangkan



Belajar Bahasa Inggris secara otodidak,mudah dan menyenangkan

Selama ini banyak yang menganggap bahwa berbahasa asing adalah sesuatu yang paling di takuti dan kurang di minati, padahal faktanya berbicara dalam 2 bahasa atau lebih dapat menyegarkan otak lho ? Masih belum percaya ? Anda boleh membuktikanya dalam keseharian yang anda lakukan. Tapi di sini saya tidak membahas tentang hal tersebut meskipun saya tahu itu suatu pengetahuan yang luar biasa yang bisa saya dapatkan setelah saya menonton pengetahuan umum lewat sebuah acara di sebuah stasiun televisi beberapa waktu yang lalu, dan yang saya ingin bahas di sini adalah bagaimana cara belajar bahasa inggris dengan cara otodidak (belajar tanpa guru) namun sangat mudah dan menyenangkan. Jujur pengalaman hidup saya tentang belajar bahasa asing (Inggris) kurang menyenangkan untuk saya,karena dari kelas 1 sampai kelas 3 saat mempelajari bahasa Inggris saya serasa di “HAJAR” (hehehe bahasa anak SD yang menganggap guru sebagai orang yang galak) tapi semua itu sirna takala saya menemui seorang guru yang tidak hanya cantik (menurut banyak orang, hehehe) tapi juga keibuan. Semenjak saat itu bahasa Inggris saya meningkat secara derastis dan sampai saat ini dan detik ini saat saya menulis tulisan ini saya masih mengakui bahwa bahasa asing favorit saya adalah “bahasa Inggris” ! Ah kok jadi ngelantur kemana-mana, hehehe. Sebenarnya ada beberapa cara mudah belajar bahasa inggris terutama untuk anak-anak dan saya yakin anak-anak sangat susah di minta untuk belajar bahasa inggris terutama di minta membuka kamus dan menghapalnya (cara mama saya, hehehe) tapi saya lantas tidak menganggap mama saya kuno lho ya ! Cara saya dalam mempelajari bahasa Inggris ini tergolong cara yang cukup mudah hanya dengan bermain game saya mampu menguasai beberapa kosa kata dalam game-game tersebut dan mampu mengerti artinya dalam bahasa Indonesia, eits jangan di kira game-game jaman sekarang tidak memberikan edukasi lho ! Anda tahu game Scrable dari Gamehouse.com ? Itu adalah salah 1 game yang cukup menarik untuk mengasah sejauh mana kosakata bahasa inggris anda, dan masih banyak game lain yang memang di khususkan untuk belajar bahasa asing (Inggris). Tapi kendala dalam bermain game adalah, tidak semua rumah memiliki komputer atau laptop yang mampu di gunakan dalam bermain game dan kecenderungan bermain game juga kurang baik dengan kesehatan penggunanya. Anda tidak perlu khawatir ada cara yang lebih praktis dari pada itu yaitu, anda bisa mengajari anak anda dengan gambar-gambar yang menarik (mulailah dengan hal yang mudah) seperti angka,huruf,binatang,sayuran,buah,dsb (gunakan gambar-gambar yang lucu dan menarik) sehingga anak lebih mudah menyerap dan lebih tertarik untuk belajar bahasa inggris. Jika anak cukup aktif bertanya (seperti saya, hehehe) tolong untuk tidak di marahi atau di katakan cerewet,banyak tanya dan sebagainya, karena justru anak yang seperti itu di mungkinkan lebih mudah dan lebih cepat dalam mengerti kosakata. Biasanya saya melihat sebuah kosakata di buku,atau sebuah rambu berbahasa Inggris atau apapun yang ada unsur bahasa Inggrisnya, saya langsung bertanya pada mama saya atau bertanya pada guru yang tak pernah marah atau yang lebih akrab di sapa “buku” (hehehe). Nah itu beberapa tehnik yang bisa di pergunakan dalam belajar dan mengajari anak belajar bahasa Inggris. Bagi anda yang benar-benar berminat dalam belajar bahasa Inggris anda juga bisa memasukan diri atau anak anda ke pelatihan bahasa inggris, karena bahasa Inggris adalah bahasa Internasional pertama yang di gunakan hampir di semua negara. So keep enjoy, have fun go mad.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar